Society Art & Culture

Bercerita Dengan Karya

Rasanya kita bisa sepakat bahwa pandemi ini memang tidak mudah bagi semua orang. Musisi dan teman-teman dari industri musik juga tidak lepas dari dampak situasi ini. Bahkan saya pikir industri musik adalah salah satu sektor yang paling awal terdampak dan mungkin akan jadi yang terakhir untuk bisa bangkit. Di saat yang bersamaan saya dan teman-teman musisi lain juga tetap ingin sedikit membantu pihak yang terdampak situasi ini untuk setidaknya meringankan sedikit beban melalui apa yang kita bisa lakukan. Maka banyak juga musisi yang mencoba memaksimalkan sosial media yang kita punya untuk tampil secara virtual.

Untuk bisa tetap bertahan dan berkarya sekarang ini kita mau tidak mau harus mampu beradaptasi. Pada awalnya banyak juga yang berusaha tetap optimis sambil berharap keadaan akan pulih dalam waktu dekat, tapi sulit untuk memastikan kapan ini semua akan berakhir. Mau tidak mau kita lah yang harus bisa beradaptasi dengan keadaan. Kita telah sampai di titik yang bisa kita usahakan adalah mencari posisi ternyaman bagi kita untuk tetap produktif dalam berkarya dan berkomunikasi dengan penggemar serta masyarakat umum. 

Banyak keadaan tak terduga yang harus kita hadapi beberapa waktu ke belakang. Biasanya saat merencanakan sesuatu, kita mencoba melihat masalah apa yang ada di masyarakat dan apa yang bisa kita bantu untuk menguraikan masalah tersebut berdasarkan porsi masing-masing. Saat apa yang kita rencanakan tidak berjalan dengan semestinya, bukan berarti kita gagal dan selesai. Selalu ada jalan lain menuju keinginan kita, jika kita bersedia untuk lebih fleksibel dalam menghadapi masalah yang datang. Di saat seperti ini, kita dituntut untuk bisa lebih kreatif dalam mengatasi masalah-masalah yang hadir. Hal yang mungkin sebelumnya tidak biasa kita gunakan sebelum pandemi mulai coba kita maksimalkan, seperti teknologi dan lain sebagainya. Pada akhirnya kita dituntut untuk menjadi individu yang lebih luwes dalam menghadapi masalah, karena kita harus mulai terbiasa dengan segala ketidakpastian yang terjadi. 

Saat apa yang kita rencanakan tidak berjalan dengan semestinya, bukan berarti kita gagal dan selesai. Selalu ada jalan lain menuju keinginan kita, jika kita bersedia untuk lebih fleksibel dalam menghadapi masalah yang datang.

Saya dan teman-teman di Sun Eater percaya dengan prinsip telling stories that matter. Setiap langkah maupun karya yang kita buat berangkat dari sebuah cerita yang kita anggap penting untuk dibagikan dengan orang lain. Salah satu cara bagi kami untuk bercerita adalah melalui album kompilasi bertajuk “Sounds Cute Might Delete Later”. Album ini juga kami kerjakan bersama-sama dengan artis dari maupun di luar Sun Eater. Saya yakin setiap orang punya cerita yang pantas untuk dibagikan. Tidak hanya musisi, kami juga mengajak manager maupun fotografer kami yang memang tertarik untuk berbagi cerita melalui musik.

Saya dan teman-teman di Sun Eater percaya dengan prinsip telling stories that matter. Setiap langkah maupun karya yang kita buat berangkat dari sebuah cerita yang kita anggap penting untuk dibagikan dengan orang lain.

Salah satu hikmah yang bisa kita ambil dari situasi sekarang yakni sebagai momentum bagi kita untuk bisa berinovasi dan berkolaborasi dengan lebih banyak orang. Ada banyak cara untuk berbagi cerita, tidak hanya terbatas melalui musik. Melalui kolaborasi kita dapat lebih banyak berbagi cerita dengan beragam bentuk mulai dari buku, film, hingga mainan. Situasi yang seakan tanpa ujung saat ini adalah saat yang tepat bagi kita terutama teman-teman yang berkecimpung dalam dunia kreatif untuk saling bergandengan tangan dan memperluas jaringan untuk meramukan inovasi-inovasi baru. 

Saat kita ingin berkolaborasi, kita akan berusaha untuk mencari rekan dengan visi dan misi yang sejalan dengan kita. Terkadang sulit bagi kita untuk menemukan orang yang ingin bersama-sama melakukan inovasi dalam berkarya. Hal ini yang membuat Jakarta Metaverse dapat menjadi opsi menarik bagi kita dalam menemukan teman untuk dapat bekerjasama bertahan di situasi pandemi saat ini. Industri musik akan memulai fase baru, dapat dikatakan kita sedang memulai kembali industri yang terbilang sudah lama terbentuk ini. Artinya, mata kita dibukakan oleh fakta bahwa akan ada lebih banyak peluang yang tersedia jika kita dapat saling bekerjasama dalam berkarya. 

Related Articles

Card image
Society
Kembali Merangkul Hidup dengan Filsafat Mandala Cakravartin

Mengusahakan kehidupan yang komplit, penuh, utuh, barangkali adalah tujuan semua manusia. Siapa yang tidak mau hidupnya berkelimpahan, sehat, tenang dan bahagia? Namun ternyata dalam hidup ada juga luka, tragedi dan malapetaka. Semakin ditolak, semakin diri ini tercerai berai.

By Hendrick Tanuwidjaja
10 June 2023
Card image
Society
Melatih Keraguan yang Sehat dalam Menerima Informasi

Satu hal yang rasanya menjadi cukup penting dalam menyambut tahun politik di 2024 mendatang adalah akses informasi terkait isu-isu politik yang relevan dan kredibel. Generasi muda, khususnya para pemilih pemula sepertinya cukup kebingungan untuk mencari informasi yang dapat dipercaya dan tepat sasaran.

By Abigail Limuria
15 April 2023
Card image
Society
Optimisme dan Keresahan Generasi Muda Indonesia

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada 2022 lalu, British Council Indonesia meluncurkan hasil riset NEXT Generation. Studi yang dilakukan di 19 negara termasuk Indonesia ini bertujuan untuk melihat aspirasi serta kegelisahan yang dimiliki anak muda di negara masing-masing.

By Ari Sutanti
25 March 2023