Society Lifehacks

Perjalanan dan Tantangan Generasi Muda

Sebagai sebuah negara dengan bonus demografi yang cukup besar, hal ini tentu bisa dikatakan sebagai bonus jika kita bisa mengoptimalkan potensi yang ada. Setiap generasi dan individu tentu saja akan menghadapi tantangannya masing-masing. Mendekati penghujung tahun 2022 ini, mungkin beberapa diantara kita sempat mendengar kabar tentang resesi ekonomi global di tahun 2023 mendatang. 

Dengan banyaknya lulusan-lulusan muda yang juga terus bertambah, tentu ini bisa menimbulkan kegelisahan tersendiri bagi teman-teman yang baru ingin memulai karir atau memulai sebuah usaha baru. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menghadapi tantangan ini. Pertama, tentu dengan mempersiapkan diri untuk bisa beradaptasi dengan perubahan yang akan terjadi secara terus menerus. Cara lainnya adalah dengan membangun relasi yang kuat untuk bisa saling gotong-royong dan memperjuangkan kesempatan bersama-sama.

Pada akhir September lalu, IDN Media menggelar acara Indonesia Millenial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022. Acara ini merupakan agenda tahunan dari IDN Media sebagai bentuk komitmen dalam mempertemukan para generasi muda dengan para pemimpin publik dan privat. Sekaligus juga anak-anak muda berprestasi dari berbagai disiplin ilmu agar dapat saling berbagi wawasan untuk membentuk masa depan bagi Indonesia.

Selama acara IMGS 2022 berlangsung, para pengunjung yang hadir dapat mengikuti beragam sesi di tiga panggung utama sesuai minat masing-masing. Tak hanya itu, ada penampilan stand up comedy yang juga turut meramaikan acara ini. 

Meskipun Millennial dan Gen Z adalah dua generasi yang berbeda, namun keduanya tetap memiliki peran yang sama dari segi ekonomi bagi bangsa kita. Sebagai generasi yang akan melanjutkan perjalanan di Indonesia, anak-anak muda tentu harus mampu mengembangkan potensi yang mereka miliki sesuai dengan kapasitas dan minat yang dimiliki oleh masing-masing individu.

Meskipun Millennial dan Gen Z adalah dua generasi yang berbeda, namun keduanya tetap memiliki peran yang sama dari segi ekonomi bagi bangsa kita.

Walaupun mungkin akhir-akhir ini rasanya tantangan yang harus kita lalui semakin berat, semoga kemampuan kita untuk bisa bertahan dan mengatasi keadaan juga akan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Selama perjalanan panjang yang harus kita tempuh ini, dengan segala kekalutan yang ada di sekitar kita, semoga kita tetap bisa menemukan peluang untuk bisa terus mengembangkan diri dan juga menemukan kebahagiaan disepanjang proses kita bertahan dan berjalan di dunia. 

Walaupun mungkin akhir-akhir ini rasanya tantangan yang harus kita lalui semakin berat, semoga kemampuan kita untuk bisa bertahan dan mengatasi keadaan juga akan semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Related Articles

Card image
Society
Kembali Merangkul Hidup dengan Filsafat Mandala Cakravartin

Mengusahakan kehidupan yang komplit, penuh, utuh, barangkali adalah tujuan semua manusia. Siapa yang tidak mau hidupnya berkelimpahan, sehat, tenang dan bahagia? Namun ternyata dalam hidup ada juga luka, tragedi dan malapetaka. Semakin ditolak, semakin diri ini tercerai berai.

By Hendrick Tanuwidjaja
10 June 2023
Card image
Society
Melatih Keraguan yang Sehat dalam Menerima Informasi

Satu hal yang rasanya menjadi cukup penting dalam menyambut tahun politik di 2024 mendatang adalah akses informasi terkait isu-isu politik yang relevan dan kredibel. Generasi muda, khususnya para pemilih pemula sepertinya cukup kebingungan untuk mencari informasi yang dapat dipercaya dan tepat sasaran.

By Abigail Limuria
15 April 2023
Card image
Society
Optimisme dan Keresahan Generasi Muda Indonesia

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada 2022 lalu, British Council Indonesia meluncurkan hasil riset NEXT Generation. Studi yang dilakukan di 19 negara termasuk Indonesia ini bertujuan untuk melihat aspirasi serta kegelisahan yang dimiliki anak muda di negara masing-masing.

By Ari Sutanti
25 March 2023